Inilah Cara Hindari Kerugian Saat Main Saham

Inilah Cara Hindari Kerugian Saat Main Saham

Inilah Cara Hindari Kerugian Saat Main Saham – Investasi yang satu ini dinilai cukup menjanjikan untuk dijalankan namun dikenal juga sebagai investasi high risk, high return.  Hukum yang berlaku di dunia investasi saham adalah semakin besar risiko maka semakin besar pendapatannya. Namun hal ini jangan dijadikan sebagai penghalang Anda untuk tidak berinvestasi.

Risiko mengalami kerugian tidak bisa dihindari, namun bisa ditekan seminimal mungkin. Bagi Anda seorang investor pemula, harus banyak belajar sebelum terjun ke dunia investasi saham, disamping harus memiliki wawasan dan dana. Berikut cara hindari kerugian saat main saham:

Tidak Berpikir Investasi Saham itu Jangka Pendek

Saat bermain saham Anda harus mengerti bahwa investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang yang tidak dapat Anda rasakan keuntungannya saat melakukan investasi, melainkan di tahun-tahun atau belasan tahun berikutnya. Lebih baik Anda memilih jenis investasi lain, jika Anda masih ragu atau merasa was-was dengan bermain investasi saham.

Menggunakan Dana Khusus untuk Berinvestasi, Bukan Uang Kebutuhan Sehari-hari

Sebaiknya untuk berinvestasi saham ini Anda tidak menggunakan dana kebutuhan pokok sehari-hari, yang bisa mengakibatkan kondisi keuangan Anda berada dalam posisi yang mengkhawatirkan. Sebaiknya gunakan dana khusus jika ingin berinvestasi saham, karena sumber dana yang digunakan berinvestasi akan memengaruhi mental terhadap investasi masa depan.

 Tetap Tenang, Jangan Mudah Terbawa Arus

Saat ini banyak startup yang menawarkan investasi dengan keuntungan yang menggiurkan. Sebaiknya Anda menjadi investor yang rasionalitas, yang tidak terbawa arus oleh isu-isu yang beredar. Misalnya, banyak orang menjual sahamnya karena tersebar rumor yang memengaruhi investasi saham, kemudian Anda juga ikut-ikutan menjual saham yang dimiliki.

Cara hindari kerugian saat main saham sebaiknya hal ini dihindari dan tetap tenang melihat situasi yang sedang berkembang, juga bijak dalam memutuskan untuk menjual atau mempertahankan saham yang dimiliki.

BACA JUGA KAWAN »  Pahami Dahulu 7 Jenis Tabungan Bank BNI Ini agar Tidak Salah Pilih

Jangan Abai, Tentukan Batas Kerugian

Untuk menanggung risiko, sebelum Anda berinvestasi hendaknya tentukan batas risiko yang disesuaikan dengan kemampuan, batasan ini dikenal dengan istilah stop loss. Batasan ini dapat digunakan agar bisa mencegah terjadinya kerugian besar yang tidak dapat ditoleransi. Biasanya besar stop loss ini berkisar antara 5-10% dari nilai saham.

Ketika saham yang Anda miliki diperkirakan mengalami kerugian lebih dari batas yang ditetapkan, batasan ini dapat digunakan sebagai tolak ukur, agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar akan lebih baik saham tersebut segera dijual.

Hati-Hati Menggunakan Strategi Averaging Down

Istilah averaging down ini tentunya tidak asing bagi yang sudah terjun di dunia investasi saham. Cara hindari kerugian saat main saham berikutnya adalah Anda harus hati-hati menggunakan strategi averaging down ini.

Strategi ini berupa membeli saham di saat harga sedang turun untuk menambah portofolio investasi. Strategi averaging down ini paling banyak diandalkan oleh investor dengan harapan pada waktu tertentu harga saham akan naik dan dapat dijual saat harga meningkat.

Strategi ini mempunyai dua kemungkinan yaitu Anda bisa mengalami kerugian atau keuntungan yang cukup signifikan. Anda akan mendapatkan keuntungan jika saham yang dibeli pada saat harga sedang turun dan dijual beberapa waktu kemudian saat mengalami peningkatan harga.

Sebaliknya Anda akan mengalami kerugian, jika harga saham pada awal tetap atau cenderung turun secara otomatis. Jika ingin mendapatkan keuntungan dari strategi ini, Anda harus paham cara-cara permainannya.

Itu dia cara hindari kerugian saat main saham yang bisa Anda lakukan, meskipun mempunyai risiko tinggi, saham ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Daftar Isi

BACA JUGA KAWAN »  Pinjaman Online BRI yang Dapat Mempermudah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *