Ini Dia Tips Mengadapi Saham Turun

 Ini Dia Tips Mengadapi Saham Turun

Ini Dia Tips Mengadapi Saham Turun – Setiap investasi memiliki resiko yang harus siap dihadapi, tidak hanya dari segi keuntungan yang bisa didapatkan. Akan tetapi juga setiap investor harus siap untuk meneima segala resiko kerugian salah satunya saat saham turun.

Saat nilai saham turun, Anda tak perlu khawatir ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut tips menghadapi saham turun yang bisa dilakukan  :

Tenang dan Lihat Perkembangan Investasi

Agar Anda tidak mengalami situasi merugikan karena panik yang menyerang dan tidak bisa dikontrol dengan baik, Anda bisa saja salah mengambil langkah yang justru membuat kesalahan baru. Sebaiknya tetaplah berusaha tenang dan mencari tahu informasi mengenai perkembangan investasi saham untuk beberapa hari ke depan.

Jangan Langsung Dicairkan

Melihat nilai saham turun banyak investor saham terutama pemula saat panik mereka langsung mencairkan dananya karena takut mengalami kerugian. Padahal, saat nilai saham tersebut turun, ini hanya baru sekedar potensi kerugian dan Anda belum ada di fase kerugian. Saat Anda mencairkan dana tersebut, barulah Anda dikatakan mengalami kerugian.

Untuk itu, sebaiknya jangan dulu dicairkan sahamnya saat nilainya turun, Anda bisa  lihat perkembangan pada hari berikutnya secara berkala karena bisa saja nilai saham tersebut naik drastis secara tiba-tiba yang tentunya membuat Anda mengalami keuntungan.

Kaji Kembali Anggaran Keuangan

Tips menghadapi saham turun berikutnya dengan mengkaji kembali anggaran bulanan. Dengan begitu Anda dapat mengevaluasi anggaran dan memungkinkan Anda harus menghemat sambil menunggu perkembangan saham mulai membaik.

Anda bisa memisahkan penghasilan tersebut dengan membuat pos-pos yang penting untuk pengeluaran misalnya untuk bayar tagihan dan cicilan utang juga biaya kebutuhan lainnya. Jika ada nominal sisa setelah Anda evaluasi sebaiknya ditabungkan untuk kebutuhan yang sekitanya mendadak.

BACA JUGA KAWAN »  Mengenal Saham Syariah

Ingat Tujuan Jangka Panjang Investasi Saham

Anda harus ingat tujuan jangka panjang yang telah Anda buat sejak awal berinvestasi saham jika saat ini nilai saham sedang turun misalnya dana pendidikan untuk anak atau yang lainnya.

Anda akan bertahan dan tetap melanjutkan investasi saham apapun kondisi yang terjadi baik sedang buruk ataupun bagus. Selain itu lakukan pematauan secara berkala perkembangan saham tersebut.

Anggap Sedang Menabung

Saat ini membeli saham, merupakan investasi yang dianggap tidak berat karena Anda bisa mulai investasi dari 100 ribu. Tips menghadapi saham turun selanjutnya Anda bisa mengangapnya seperti halnya dengan menabung, sehingga saat harga saham turun Anda tidak terlalu khawatir.

Manfaarkan Beli Saham Fundamental

Saat saham turun bisa Anda manfaatkan untuk memborong saham yang nilainya sedang turun. Akan tetapi harus berhati-hati memilih saham karena tak selamanya saham tersebut memiliki kualitas  baik.

Anda bisa memilih saham murah dari perusahaan yang fundamental kuat, mempunyai layar belakang perusahaan baik, perusahaan dengan perekonomian yang stabil dan lainnya, seperti saham perusahaan yang termasuk LQ45.

Sabar dan Tingkatkan Ilmu Investasi Saham

Mengingat saham mengalami perkembangan, sehingga tidak heran jika niilai saham mengalami naik turun. Hal ini merupakan kondisi yang wajar terjadi sehingga jika Anda ingin mendapatkan uang dan mencapai tujuan jangka panjang penting untuk menanamkan kesabaran dalam diri Anda.

Selain itu juga Anda perlu meningkatkan ilmu investasi saham dengan memelajarinya di berbagai media atau blog investasi. ikuti setiap seminar atau pelatihan saham jika diperlukan atau tanya kepada teman yang sudah memiliki berpengalaman

Itu dia tips menghadapi saham turun yang bisa dilakukan, jangan terburu-buru mengambil keputusan yang bisa Anda sesali kedepannya.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Buka Rekening BCA Online Melalui Aplikasi BCA Mobile

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *