Inilah Beberapa Jenis Saham Preferen, Pemula Wajib Paham (investopedia.com)
Inilah Beberapa Jenis Saham Preferen, Pemula Wajib Paham (investopedia.com)

Inilah Beberapa Jenis Saham Preferen, Pemula Wajib Paham

Bagi investor pemula, Anda wajib memahami jenis saham preferen. Karena ini adalah di antara bentuk saham yang umum diketahui oleh orang. Tetapi kebanyakan hanya diketahui, tidak dipahami secara keseluruhan, baik secara pengertian maupun kelebihan dan kekurangannya.

Saham secara definisi adalah bukti kepemilikan modal seseorang maupun lembaga terhadap suatu perusahaan. Dengan menanamkan modal, maka Anda akan mendapatkan beberapa hak  dari perusahaan, diantaranya dividen (keuntungan) perusahaan, hak suara, serta assets perusahaan. Namun Anda juga memiliki kewajiban, terutama ketika perusahaan sedang mengalami penurunan.

Secara umum saham dibagi menjadi 2 jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah saham yang biasa disebut orang, yaitu bukti kepemilikan seseorang. Dengan hak yang akan diterima, juga kewajiban yang ditanggung.

Sedangkan saham preferen adalah surat atau tanda bukti yang dijual oleh suatu perseroan atau perusahaan baik dengan rupiah maupun mata uang asing. Pemegang saham preferen akan menerima dividen yang lebih besar dan hak suara lebih daripada pemilik saham biasa.

Karakteristik saham ini adalah gabungan antara saham biasa dengan obligasi. Pasalnya, pemegang saham preferen memiliki 2 penghasilan sekaligus, baik dari dividen perusahaan dan pendapatan tetap semacam bunga obligasi. Saham preferen mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah berikut ini.

Berikut Jenis Saham Preferen yang Perlu Anda Ketahui

Saham preferen memiliki 5 jenis, diantaranya

Convertible Preferred

Jenis saham ini adalah mampu merubah dari saham preferen menjadi saham biasa. Akan tetapi, bila sudah berubah, maka tidak bisa kembali ke saham preferen seperti sebelumnya

Participating Preferred share

Jenis saham preferen ini adalah pemegang saham menerima dividen sebelum pemegang saham biasa. Selain itu, pemegang saham ini juga akan mendapat dividen tambahan, bisa dibayarkan setelah pemegang saham biasa mendapatkan haknya.

BACA JUGA KAWAN »  Kredit Usaha Rakyat, Tujuan dan Cara Mendapatkannya

Cumulative Preferred

Pemegang saham ini akan menerima dividen secara reguler, mereka akan menerima setiap tiga bulan. ketika dividen terlambat dibayar, maka akan menumpuk banyak. Keterlambatan ini harus dibayarkan sebelum membayar dividen kepada pemegang saham preferen. Tidak semua saham preferen memiliki sistem ini

Callable Preferred

Saham ini juga dijuluki redeemable preferred. Saham ini memungkinkan perseroan maupun perusahaan menarik dana dengan syarat harga tebusan di hari tertentu, sesuai kesepakatan. Harga tebusan kemungkinan bisa menjadi lebih tinggi daripada saat awal kesepakatan.

Dividen dibayarkan oleh perusahaan berbentuk ekuitas. Ekuitas adalah tuntutan pemilik terhadap aktiva perusahaan yaitu selisih antara aktiva dengan kewajiban perusahaan. Namun penerbitan dapat membelinya sebagai karakteristik utang, ini lebih menguntungkan bagi emiten alasannya Mereka punya fitur call. Sedangkan pemegang saham tidak memilikinya, maka di titik ini perusahaan dituntut untuk bijaksana.

Adjustable-rate Preferred Share

Adjustable-rate preferred share merupakan macam saham preferen (Preferred Stock) yang memberikan dividen bervariasi dengan sebab dikaitkan dengan indikator atau tok ukur yang ditentukan. Misal yield surat pembendaharaan negara. Penetapan tingkat penyesuaian dinyatakan dalam prospek tingkat maksimum dan minimum. Fitur ini membuat lebih stabil daripada preferred share sebelumnya

Itulah beberapa jenis saham preferen yang mempunyai beberapa fitur untuk mengatur segala sesuatunya. Adapun kelebihan saham preferen dibandingkan dengan saham biasa adalah Anda (investor) didahulukan dalam pembagian dividen pendapatan pemerintah. Adapun kekurangannya adalah tidak mempunyai hak paksa atas dividen yang dibagikan.

Kelebihan saham biasa atas saham preferen adalah tidak ada jatuh tempo, perseroan atau perusahaan lebih terbuka, dan sebagainya. Setelah mengetahui jenis saham preferen  sekarang Anda bisa tentukan pilihan, antara saham biasa atau saham preferen, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

BACA JUGA KAWAN »  Mari Mengenal Aplikasi Bibit, Media Investasi Terkini

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *