Begini Plafon Pinjaman Bank dari Berbagai Bank yang Sudah Dikenal Masyarakat

Pada masa sekarang, setiap calon nasabah perlu memperhatikan beberapa hal yang penting sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman dari bank. Salah satu hal tersebut adalah plafon pinjaman bank yang ditawarkan dalam bentuk yang bervariasi tergantung pada jenis bank yang dipakai. Selain itu, plafon tersebut juga disediakan sesuai dengan jenis pinjaman.

Secara garis besar, setiap bank menyediakan jenis layanan pinjaman yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan termasuk pada batas nominal yang dipinjam. Selain itu, batas nominal tersebut juga ditawarkan dengan menggunakan berbagai aspek seperti sasaran nasabah dan tujuan penggunaan uang sebagai pertimbangan. Jika ingin tahu lebih lanjut, maka simak uraian berikut ini:

1. BRI

Salah satu Badan Usaha Milik Negara ini dapat dikatakan sebagai bank yang seringkali dijadikan sebagai pilihan pertama dalam persoalan pinjaman. Walaupun menawarkan proses pencairan pinjaman yang cukup lama, yaitu sekitar satu minggu, jumlah pinjaman yang diberikan itu mencapai satu miliar. Sementara untuk durasi dari pinjaman bisa mencapai sekitar 15 tahun.

2. Mandiri

Selanjutnya terdapat jenis bank yang seringkali diajak kerja sama oleh pemerintah Indonesia terutama untuk persoalan penyaluran bantuan pendidikan kepada masyarakat. Untuk persoalan layanan kredit, jenis bank ini menyediakan batas pinjaman sampai pada nominal sekitar Rp1 miliar sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sedangkan persentase bunga yang perlu dibayar adalah sekitar 0,6 persen.

3. BPR

Disediakan plafon pinjaman bank sampai pada nominal sekitar Rp500.000.000,-, layanan pinjaman dari Bank BPR ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Sedangkan untuk jumlah uang serta persentase bunga yang perlu disetorkan tiap bulan didasarkan pada tenor atau durasi pinjaman yang dipilih. Untuk proses pengajuan pinjaman hanya terbatas pada beberapa wilayah saja.

4. Bank Jateng

Seperti nama yang digunakan, layanan yang ditawarkan oleh bank ini sejak awal hanya dibatasi pada wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Jumlah nominal pinjaman yang ditawarkan oleh bank ini cukup beragam, mulai dari sekitar Rp25 juta hingga Rp500 juta sesuai kebutuhan. Sementara durasi pinjaman yang diperbolehkan bank hanya sekitar lima tahun.

5. BJB

Jenis bank yang selanjutnya ini menawarkan berbagai layanan pinjaman yang didasarkan pada tujuan penggunaan mulai dari investasi hingga modal usaha. Oleh karena itu, secara tidak langsung, plafon pinjaman bank yang ditawarkan pun jauh lebih bervariasi dan dibedakan berdasarkan tujuan pinjaman. Bahkan untuk durasi pinjaman yang disediakan pun disesuaikan tujuan penggunaan.

6. BCA

Terdapat jenis bank lainnya yang dapat dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi pilihan ketika membutuhkan layanan pinjaman dengan jumlah yang besar. Bahkan setiap calon nasabah BCA dapat juga memilih pinjaman yang kecil sesuai kebutuhan seperti Rp5 juta dengan tenor yang dipilih. Sementara batas nominal maksimal pinjaman BCA adalah sekitar Rp100 juta.

7. BNI

Terakhir, ada jenis bank yang menyediakan layanan pinjaman sampai pada jumlah sekitar Rp500 juta terutama kepada nasabah dengan pekerjaan pegawai. Sementara untuk tenor yang diperbolehkan untuk dijadikan pilihan adalah maksimal sampai pada waktu sekitar 15 tahun sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ditambah lagi, proses pembuatannya dapat diaplikasikan dengan sederhana dan mudah.

Untuk persyaratan yang perlu dimiliki oleh setiap nasabah adalah berkas tentang identitas pribadi, pendapatan, bahkan surat rekomendasi dari atasan. Selain itu, jenis pinjaman tanpa agunan dapat dimanfaatkan dan disetorkan melalui fasilitas payroll yang disediakan.

Beberapa jenis bank yang menyediakan plafon pinjaman bank dalam jumlah yang besar di atas dapat dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Ada yang dikhususkan untuk nasabah dengan pekerjaan sebagai pegawai dan ada pula yang dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk usaha baru. Selain itu, ada yang menyediakan batasan pinjaman sampai Rp1 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *