Mengenal Opensea, Marketplace Digital Terbaru untuk Jual Beli NFT!

Mengenal Opensea, Marketplace Digital Terbaru untuk Jual Beli NFT! (freepik.com)

Mengenal Apa itu Opensea

OpenSea adalah sebuah platform yang berbasis barang digital terbaru dan juga orisinal. Barang digital tersebut sudah dikonversikan menjadi non-fungible token atau yang banyak disebut dengan NFT.

Adapun ciri khas barang digital yang dijual melalui OpenSea biasanya memiliki sifat unik, langka, dan juga bisa diperdagangkan. Selain itu juga bisa digunakan pada berbagai macam aplikasi.

OpenSea juga bisa dikatakan sebagai digital marketplace seperti halnya Amazon dan eBay. Meski demikian, OpenSea menjadi platform yang mempunyai spesialisasi koleksi digital unik yang menggunakan produk dalam bentuk NFT.

Selain itu, OpenSea juga bisa dikatakan sebagai platform pertukaran atau transaksi peer-to-peer yang membuat para pengguna bisa bebas dalam melakukan transaksi secara langsung.

OpenSea didirikan oleh Alex Atallah dan Devin Finzer pada tanggal 20 Desember 2017. Mereka terinspirasi menciptakan platform marketplace ini karena melihat perkembangan NFT melalui beberapa seri game atau permainan digital pada waktu itu.

Dengan adanya beberapa game NFT tersebut, maka potensi NFT dalam kepemilikan barang digital menjadi cukup tinggi. Selain itu, NFT kini juga menjadi semakin populer.

Adapun untuk target pasarnya, pembuatan OpenSea ini yaitu menyasar pada para content creator atau digital artist yang ingin memasarkan karya-karya mereka dengan cara khusus.

Meski demikian, pemasaran tersebut tak menawarkan karya tersebut dijadikan transaksi yang berbasis uang. Akan tetapi, pasar yang khusus untuk koleksi dalam wujud NFT.

Hal ini menjadikan para creator tersebut bisa memperoleh harga mengenai karya mereka dalam satuan NFT dan menjualnya dengan cara lelang.

Pengertian NFT

Setiap membicarakan tentang OpenSea pasti akan membahas tentang NFT. Sebenarnya apa itu pengertian NFT?

Pengertian Non Fungible Token atau NFT yaitu merupakan aset digital pada jaringan blockchain yang memiliki kode identifikasi dan juga metadata yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Tak hanya itu saja, NFT juga dapat kita artikan sebagai aset computerized yang merepresentasikan berbagai macam barang dengan wujud atau yang tak berwujud yang dianggap memiliki nilai yang unik.

Pada umumnya, NFT diperdagangkan lewat skema lelang. Skema lelang ini biasanya akan kita jumpai pada beberapa situs online, salah satu diantaranya yaitu OpenSea.

Bentuk NFT ini juga bisa kita jual belikan secara online dengan menggunakan mata uang kripto. Pada umumnya dibuat dengan pengkodean komputerisasi lewat perangkat lunak atau TI.

Jadi sederhananya, NFT adalah aset digital yang dapat dikoleksi dan mempunyai nilai yang unik dan menarik.

NFT atau Non Fungible Token ini mempunyai 10 jenis yang berbeda. Antara lain yaitu Art, Collectible, Music, Domain name, Photography, Sport, Trading card, video, Utility, dan juga Virtual Word.

Meski demikian, dari banyaknya jenis NFT yang ada, art menjadi salah satu jenis NFT yang paling banyak dan cepat laku untuk dijual.

Kaitan NFT dengan Platform OpeSea

OpenSea adalah sebuah marketplace atau pasar. Nah, pemilik NFT atau pembeli dan penjual hingga kolektor bisa melakukan transaksi dengan platform OpenSea ini.

Jadi, OpenSea bisa kita sebut sebagai tempat jual-beli NFT pertama dan juga paling besar di dunia. Sampai saat ini, OpenSea sudah memiliki kurang lebih 300.000 pengguna dengan jumlah NFT yang lebih dari 34 juta.

Adapun produk NFT tersebut terdiri atas berbagai macam barang, antara lain seperti foto, video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semakin lama tingkat kepopuleran OpenSea juga terus mengalami kenaikan. Ini semua tak lain karena adanya peningkatan trend penjualan NFT di berbagai lapisan kalangan masyarakat.

Cara Membuat Akun OpenSea

Nah, untuk Anda semuanya yang merasa tertarik untuk menjual ataupun membeli produk karya NFT, maka Anda harus melakukan berbagai macam hal.

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan membuat akun OpenSea. Akan tetapi ada hal yang perlu untuk Anda tahu sebelum memutuskan untuk membuat akun OpenSea. Diantaranya Anda harus mempunyai dompet digital mata uang crypto atau crypto wallet terlebih dulu.

Sama halnya dengan transaksi fisik, marketplace ini membutuhkan dompet digital yang berfungsi untuk tempat penyimpanan.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat akun OpenSea, untuk kebutuhan transaksi jual beli sebuah karya NFT, maka Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Cara pertama Anda  harus mengunjungi situs opensea.io terlebih dahulu melalui smartphone atau perangkat lainnya, atau install aplikasinya melalui google playstore Disini. Kemudian anda bisa menyesuaikan tempat untuk mengunduh crypto wallet.
  2. Setelah itu, Anda dapat mengklik ikon dompet atau profil, dan setelah itu Anda bisa memilih Connect Wallet.
  3. Langkah selanjutnya Anda bisa pilih crypto wallet yang Anda pakai, misalnya Anda menggunakan MetaMask.
  4. Kemudian, Anda bisa membuka extension MetaMask yang sebelumnya sudah Anda unduh di perangkat Anda.
  5. Apabila sudah, selanjutnya Anda bisa mengklik Account, dan pilih Profile untuk masuk ke pengaturan akun OpenSea milik Anda.
  6. Jangan lupa untuk mengisi username, email, dan juga data-data lainnya, setelah itu klik Save.
  7. Jika sudah selesai mengisi, nanti Anda akan menerima pesan konfirmasi lewat alamat email yang sebelumnya telah Anda daftarkan.
  8. Lalu yang terakhir Anda harus melakukan verifikasi dengan lewat pesan tersebut.

Sampai disini Anda sudah selesai membuat akun OpenSea. Sekarang, Anda sudah memiliki akun OpenSea. Kini Anda sudah bisa mengakses dan mulai melakukan transaksi menggunakan platform marketplace OpenSea ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *