Anime Dementia

10 Anime Dementia Terbaik Yang Bikin Pusing 7 Keliling!

Anime bergenre dementia terkenal akan jalan cerita yang berbelit-belit dan sangat membingungkan.

Selain itu, anime dementia sering dipadukan dengan genre psychological dan mystery yang penuh teka-teki.

Oleh karenanya, anime dementia sulit untuk dipahami, bahkan tidak jarang penonton harus memutar otak agar memapahami ceritanya.

Sayangnya, tidak banyak anime bergenre dementia yang dirilis, kebanyakan anime sudah cukup lama diluncurkan alias jadul.

Jika suka anime dengan cerita membingungkan, jangan lewatkan anime dalam rekomendasi anime dementia yang bikin pusing berikut.

Anime Dementia Terbaik

1. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion

  • Tahun: Fall 1995
  • Studio: Gainax, Tatsunoko Production
  • Genre: Action, Dementia, Drama, Mecha, Psychological, Sci-Fi

Cerita berlatar pada tahun 2015, bumi di ambang kehancuran karena serangan Angel yang tidak bisa dikalahkan dengan senjata biasa.

Maka dari itu, orang-orang hanya bisa menaruh harapan pada NERV, sebuah oraganisasi rahasia di bawah kendali Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ketika mengunjungi ayahnya di Tokyo, seorang siswa bernama Shinji Ikari, terpilih menjadi pilot Evangelion Unit-01 untuk melawan Angel.

2. Perfect Blue

Perfect Blue

  • Tahun: Winter 1998
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Dementia, Drama, Horror, Psychological

Perfect Blue berawal ketika seorang anggota idol group CHAM, Mima Kirigoe, mengumumkan bahwa akan meninggalkan grup untuk mengejar karir sebagai aktris.

Setelah keluar dari CHAM, Mima berusaha untuk menghilangkan citranya sebagai pop idol dengan mengambil peran dalam serial drama kriminal.

Akan tetapi, Mima justru dikuntit untuk dipublikasikan di sebuah website oleh seorang penggemar karena tidak terima Mima sudah meninggalkan CHAM.

Baca Juga:  30 Rekomendasi Anime Action Terbaik Dengan Pertarungan Seru!

3. Paprika

Paprika

  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Dementia, Fantasy, Horror, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Thriller

Menceritakan tentang tiga orang ilmuwan, yaitu Atsuko Chiba, Shima Torataro, dan Kosaku Tokita, yang berkerja sebagai peneliti di institusi untuk Psychiatric Research.

Ketiganya mengembangkan “DC Mini”, sebuah perangkat yang mampu membuka pintu menuju dunia mimpi dan memungkinkan seseorang untuk berbagi mimpi dengan orang lain.

Namun, seseorang telah mencuri DC Mini, lalu menyalahgunakannya untuk melakukan teror dengan memasuki pikiran orang lain supaya mimpi dan kenyataan menjadi satu.

Oleh karena itu, mereka berusaha untuk merebut kembali DC Mini dan menghentikan teror dengan bantuan seorang wanita misterius, Paprika, serta seorang detektif, Toshimi Konakawa.

4. FLCL

FLCL

  • Tahun: Spring 2000
  • Studio: Gainax, Production I.G
  • Genre: Action, Sci-Fi, Comedy, Parody, Dementia, Psychological, Mecha

FLCL mengisahkan tentang seorang anak SD bernama Naota Nandaba yang sering menghabiskan waktu bersama pacar kakaknya, Mamimi Samejima, di tepi sungai di bawah jembatan.

Suatu hari, sebuah tanduk tiba-tiba muncul di kepala Naota setelah ditabrak dan dipukul dengan gitar oleh Haruko Haruhara, seorang gadis Vespa yang mengaku sebagai alien.

Tidak disangka, Haruko akan tinggal bersama di rumah orang tua Naota dengan menjadi pembantu rumah tangga sehingga Naota terseret ke dalam sebuah kekacauan besar.

5. Higurashi no Naku Koro ni

Higurashi no Naku Koro ni

  • Tahun: Spring 2006
  • Studio: Studio Deen
  • Genre: Mystery, Dementia, Horror, Psychological, Supernatural, Thriller

Berlatar pada musim panas tahun 1983, seorang siswa bernama Keiichi Maebara baru saja pindah ke sebuah desa kecil bernama Hinamizawa.

Keiichi sangat mudah akrab dengan murid-murid di sekolah barunya, di antaranya Rena Ryuugu, Mion Sonozaki, Satoko Houjou, dan Rika Furude.

Baca Juga:  30 Rekomendasi Anime Slice Of Life Terbaik Tentang Keseharian

Namun, Keiichi perlahan menyadari tentang tragedi pembunuhan kejam yang pernah terjadi di Hinamizawa untuk memprotes pembangunan bendungan.

Keiichi bertanya kepada teman-temannya, tetapi tidak mendapat jawaban hingga peristiwa aneh semakin sering terjadi setelah diadakan festival tahunan.

6. Serial Experiments Lain

Serial Experiments Lain

  • Tahun: Summer 1998
  • Studio: Triangle Staff
  • Genre: Dementia, Drama, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Supernatural

Anime Serial Experiments Lain menceritakan tentang seorang gadis introver bernama Lain Iwakura yang tidak pandai menggoprasikan komputer.

Suatu hari, teman-teman sekolahnya mendapat sebuah email dari Yomoda Chisa, seorang siswa yang mati karena bunuh diri dengan melompat dari atas bangunan.

Ketika memeriksa email miliknya, Lain ternyata juga menerima sebuah email dari Yomoda Chisa yang menjelaskan bahwa dirinya masih hidup.

Oleh sebab itu, Lain berusaha menelusuri misteri kematian Chisa hingga terseret ke dalam dunia tanpa batas antara realitas dan dunia maya.

7. Mawaru Penguindrum

Mawaru Penguindrum

  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Brain’s Base
  • Genre: Mystery, Comedy, Dementia, Psychological, Drama

Mengisahkan temtang saudara kembar bernama Kanba dan Shouma yang tinggal bersama adik perempuan mereka, Himawari, yang mengidap sebuah penyakit.

Suatu hari, Kanba dan Shouma mengajak Himawari pergi ke akuarium untuk melihat pinguin karena divonis dokter bahwa umurnya sudah tidak lama lagi.

Himawari dinyatakan meninggal setelah melihat penguin, tetapi dihidupkan kembali oleh sebuah topi penguin yang dibeli dari toko souvenir di akuarium.

Ketika mengenakan topi penguin, Himawari akan dirasuki oleh entitas yang meminta Shouma dan Kanba untuk menemukan “Penguin Drum” jika ingin Himawari tetap hidup.

8. Devilman: Crybaby

Devilman Crybaby

  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Science SARU
  • Genre: Action, Dementia, Demons, Horror, Supernatural
Baca Juga:  10 Anime Dengan Karakter Utama Punya Kekuatan Tersembunyi

Bercerita tentang Akira Fudou, seorang remaja yang akan menangis saat melihat orang lain bersedih meski orang yang bersedih tidak menangis.

Suatu hari setelah pulang sekolah, Akira dibawa ke sebuah party pemuja setan disebut Sabbath oleh seorang profesor Amerika bernama Asuka Ryo.

Ryo datang ke Jepang untuk menemukan bukti keberadaan iblis yang merasuki tubuh manusia, kemudian menyebarkan kebenarannya ke seluruh dunia.

Ketika di Sabbath, Akira dirasuki oleh iblis bernama Amon setelah terlibat kekacauan karena kebangkitan iblis yang bersemayam di tubuh manusia.

9. Mousou Dairinin

Mousou Dairinin

  • Tahun: Winter 2004
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Mystery, Dementia, Police, Psychological, Supernatural, Drama, Thriller

Cerita bermula ketika desainer karakter terkenal bernama Tsukiko Sagi diserang dengan pemukul baseball oleh bocah misterius saat dalam perjalanan pulang ke rumah.

Maka dari itu, detektif Keiichi Ikari dan rekannya, Mitsuhiro Maniwa, berusaha menyelidiki identitas penyerang karena penyerangan di jalan semakin sering terjadi.

Namun, terjadi paranoia akibat semakin banyak orang yang menjadi korban teror penyerangan dengan tongkat pemukul baseball oleh bocah misterius yang dijuluki “Shounen Bat”.

10. Boogiepop wa Warawanai

Boogiepop wa Warawanai

  • Tahun: Winter 2019
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Psychological, Supernatural, Dementia, Mystery, Drama, Horror

Mengisahkan tentang Touka Miyashita, seorang siswi yang tanpa sadar (seperti orang berkepribadian ganda) menjadi Boogiepop untuk melawan “musuh-musuh dunia”.

Boogiepop merupakan sebuah urban legend mengenai Dewa Kematian yang akan membunuh seorang gadis ketika dalam kondisi tercantiknya sebelum menjadi jelek.

Akan tetapi, Boogiepop sebenarnya hanya muncul untuk melawan “musuh-musuh dunia” ketika seluruh manusia dalam bahaya dan merasakan kesengsaraan di sekitarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *