Log Horizon

15 Anime Bertema Game Dengan Karakter Masuk Ke Dalam Game

Anime game cukup beragam, mulai dari anime adaptasi game, anime mengenai kehidupan pemain game, hingga anime dengan karakter masuk ke dalam game.

Dari semua anime bertema game, anime yang paling populer ialah anime tentang game dengan karakter utama masuk ke dalam game online yang dimainkannya.

Dalam anime tentang game, umumnya karakter utama masuk ke dunia game dengan menggunakan virtual reality (VR) atau teknologi lain yang memungkinkan.

Selain itu, karakter dalam anime game juga bisa masuk ke dalam game karena pindah dunia atau dipaksa untuk bertahan hidup di tempat yang mirip dengan dunia game.

Bagi penggemar anime tentang game atau suka bermain game, berikut telah disiapkan daftar 15 rekomendasi anime game terbaik dengan karakter masuk ke dalam game.

Rekomendasi Anime Tentang Game Terbaik

1. Overlord

Anime Game Overpower - Overlord

  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Game, Adventure, Supernatural, Magic, Fantasy

Menceritakan tentang DMMO-RPG (Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Game) bernama Yggdrasil, yang populer karena menawarkan peta yang luas, dan memberikan kebebasan bertidak kepada pemainnya.

Suatu ketika, Yggdrasil terpaksa menutup server setelah kepopulerannya menurun, sehingga pemain yang sangat menyukai Yggdrasil, Momonga, memutuskan untuk menghabiskan waktu di bangunan guild dengan teman-temannya.

Momonga sengaja menunggu hingga server ditutup. Namun, setelah penutupan server, Momonga mendapati dirinya masih berada di dalam game dengan semua fungsi game menghilang dan NPC memiliki kepribadian seperti manusia.

Setelah terjebak di dalam game, Momonga mengumpulkan informasi mengenai dunia barunya dan mengubah nama menjadi Ainz Ooal Gown yang merupakan nama guildnya untuk menyebarkan nama Ains Ooal Gown ke seluruh dunia.

2. Log Horizon

Anime Game Fantasy - Log Horizon

  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Satelight
  • Genre: Action, Game, Adventure, Magic, Fantasy

Cerita berawal saat sekitar 30 ribu pemain RPG Elder Tale di Jepang secara tiba-tiba terjebak di dalam game Elder Tale dengan alasan yang belum jelas.

Shiroe, seorang mahasiswa dan pemain verteran Elder Tale yang terkenal sebagai ahli strategi, tetapi tidak menyukai guild, juga terjebak di dalam game.

Setelah terperangkap dalam game, Shiroe segera mengumpulkan teman-temannya untuk mencari informasi, lalu membentuk sebuah guild bernama Log Horizon.

Bersama anggota guildnya dan orang-orang yang memiliki pengaruh besar, Shiroe mulai menyusun rencana agar kehidupan di dalam game menjadi lebih baik.

3. Sword Art Online

Sword Art Online

  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance

Cerita berlatar pada tahun 2022 setelah diluncurkan VRMMO-RPG (Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role Playing Game) bernama Sword Art Online (SAO).

Baca Juga:  30 Rekomendasi Anime Slice Of Life Terbaik Tentang Keseharian

Untuk bermain SAO, pemain membutuhkan sebuah perangkat keras perangsang sistem saraf disebut Narve Gear agar karakter bisa digerakkan dengan pikiran sehingga seperti masuk ke dalam game.

Berpusat pada Kirigaya Kazuto alias Kirito, seorang pemain dan beta tester game SAO yang terperangkap dalam game bersama pemain lain karena tidak bisa menemukan tombol logout.

Lalu, muncul pemberitahuan dari GM bahwa pemain harus mengalahkan Boss lantai 100 Menara Dungeon untuk keluar dari game. Jika karakter mati, tubuh di dunia nyata juga akan mati.

4. Net-juu no Susume

Net-juu no Susume

  • Tahun: Fall 2017
  • Studio: Signal.MD
  • Genre: Game, Comedy, Romance

Meskipun tidak masuk ke dunia game dan hanya bermain game PC, karakter game di anime Net-juu no Susume tampak sangat hidup sehingga pemain seperti berada di dalam game.

Menceritakan tentang seorang wanita karir berusia 30 tahun bernama Moriko Morioka yang memilih untuk menjadi seorang NEET setelah di-PHK oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Tanpa penghasilan dan pendamping hidup, Morioka menghabiskan waktunya sebagai pengangguran dengan bermain game RPG online menggunakan karakter laki-laki yang diberi nickname Hayashi.

Morioka berulang kali mengalami kegagalan pada quest pertamanya hingga Lily, karakter perempuan yang dimainkan seorang laki-laki bernama Yuuta Sakurai mengajaknya untuk berpetualang bersama-sama.

5. Btooom!

Anime Survival Game - Btooom!

  • Tahun: Fall 2012
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Sci-Fi, Psychological, Seinen

Menceritakan tentang Ryouta Sakamoto, seorang pengangguran berusia 22 tahun yang merupakan pemain game BTOOOM! terbaik di Jepang dan 10 teratas di dunia.

BTOOOM! adalah game pertempuran, di mana pemain saling membunuh dengan bom disebut “Bim”, dan memakai sonar untuk melacak lokasi musuh sambil terus bersembunyi.

Tanpa mengingat apapun, Sakamoto tiba-tiba berada di sebuah pulau terpencil yang tidak berpenghuni dan mendapati kristal hijau kecil tertanam di tangan kanannya.

Ternyata, seseorang membuat BTOOOM! di kehidupan nyata sehingga Sakamoto harus saling membunuh dengan puluhan pemain yang lain agar selamat dari pulau tersebut.

6. Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu.

Anime Tentang Game 2020 - Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu.

  • Tahun: Winter 2020
  • Studio: Silver Link.
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Sci-Fi

Bofuri menghisahkan tentang seorang gadis bernama Kaede Honjou yang belum pernah bemain game sama sekali.

Suatu hari, Kaede mendapat saran untuk mencoba VRMMORPG NewWorld Online dari temannya, Risa Shiromine.

Maka dari itu, Kaede memutuskan untuk bermain NewWorld Online dan membuat karakter dengan nickname Maple.

Maple juga memilih perisai sebagai senjata dan menggunakan semua status point-nya untuk vitality karena tidak ingin sakit.

7. Accel World

Accel World

  • Tahun: Spring 2012
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Game, Sci-Fi, Romance, School

Bercerita tentang Haruyuki Arita, seorang pelajar berbadan gemuk yang menyerah dengan kehidupannya dan menganggap virtual game adalah satu-satunya tempat yang tepat baginya.

Akan tetapi, kehidupan Haruyuki berubah setelah seorang gadis cantik dan populer bernama Kuroyukihime mengalahkan point tertingginya di dalam game dan meminta untuk bertemu.

Kuroyukihime pun memberitahu Haruyuki mengenai sebuah program disebut “Brain Burst” untuk masuk ke “Accel World” yang dihuni oleh Burst Lingker atau orang yang menggunakan Brain Burst.

Baca Juga:  5 Anime Superhero Hasil Kerjasama Madhouse Studio Dan Marvel Entertainment

Dengan Brain Burst untuk masuk ke dalam Accel World, Burst Lingker akan mendapat kemampuan untuk berpikir seribu kali lebih cepat karena otak mengalami percepatan dan bisa melihat gambaran melalui Neuro Linker.

7. SAO Alternative: Gun Gale Online

Anime Game Survival Battle Royale - SAO Alternative: Gun Gale Online

  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: Studio 3Hz
  • Genre: Action, Fantasy, Game, Military, Sci-Fi

Meski membawa nama Sword Art Online, konten Gun Gale Online berbeda dengan SAO. Game di Gun Gale Online bergenre Survival Battle Royale dengan perangkat disebut AmuSphere.

Mengisahkan tentang Kohiruimaki Karen, seorang mahasiswi dengan tinggi badan 183 cm yang merasa kurang percaya diri karena tingginya yang tidak wajar untuk gadis seusianya.

Suatu hari, Karen mencoba untuk bermain game online dengan membeli game Alfheim Online dan perangkat AmuSphere karena ingin memiliki tubuh kecil, tetapi usahanya sia-sia.

Setelah mencoba puluhan game, Karen yang menggunakan nickname “LLENN” mendapat avatar bertubuh kecil di game survival battle royale bernama Gun Gale Online.

9. Ixion Saga DT

Ixion Saga DT

  • Tahun: Fall 2012
  • Studio: Brain’s Base
  • Genre: Action, Comedy, Fantasy

Bermula ketika seorang pemain MMORPG, Hokaze Kon, bertemu dengan seorang gadis bernama Flora di dalam game dan diminta untuk meminjamkan kekuatannya.

Kon setuju membantu Flora, lalu tiba-tiba pindah ke dunia lain mirip game RPG yang dimainkannya dengan terjatuh dari langit di tengah kelompok yang sedang bertarung.

Ternyata, Kon secara tidak sengaja telah menyelamatkan seorang putri bernama Ecarlate Juptris St. Piria karena terjatuh tepat di atas pemimpin pasukan musuh.

Sebagai tanda terima kasih karena talah diselamatkan, Ecarlate mengangkat Kon menjadi seorang kesatria dengan tugas melindungi dirinya dari kejaran musuh.

10. Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Ajia-Do
  • Genre: Comedy, Ecchi, Fantasy, Magic

Menceritakan tentang Takuma Sakamoto, seorang pemain legendaris game MMORPG Cross Revirie yang mendapat gelar sebagai “Raja Iblis” karena kekuatannya.

Suatu hari, Takuma dipanggil ke dunia mirip game Cross Revirie oleh dua orang gadis, yakni Sheera L. Geenwood, seorang Elf, dan Galleu Rem, manusia setengah binatang.

Rem dan Shera memanggil Takuma untuk dijadikan budak. Akan tetapi, mereka justru menjadi budak Takuma setelah melakukan ritual karena item magic reflection.

Karena tidak pernah bicara dengan orang lain, Takuma memilih menggunakan logat saat bermain game dengan mengenalkan diri sebagai “Diablo, Raja Iblis dari dunia lain”.

11. .hack//Sign

.hack//Sign

  • Tahun: Spring 2002
  • Studio: Bee Train
  • Genre: Game, Sci-Fi, Adventure, Mystery, Magic, Fantasy

Bermula Ketika seorang wavemaster muda, Tsukasa, secara tiba-tiba dan tanpa alasan jelas terbangun di dalam game MMO-RPG The World dengan keadaan hilang ingatan.

Di sana, Tsukasa bertemu dengan Crismon Knights, sebuah pasukan yang menjaga The World untuk memastikan kelancaran sistem dengan mengawasi setiap aktivitas illegal.

Tsukasa dicuraigai oleh pasukan Crismon Knights sebagai pengguna program illegal (Cheater) karena pernah terlihat bersama dengan karakter kucing yang diedit secara illegal (Mod).

Baca Juga:  30 Rekomendasi Anime Military Terbaik Yang Penuh Dengan Pertempuran

Karena tidak bisa logout, Tsukasa akhirnya memutuskan berpetualang untuk mencari jawaban mengenai apa yang sedang terjadi sambil berusaha menghindar dari kejaran Crismon Knights.

12. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Anime Game 2018 - Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: Silver Link., Connect
  • Genre: Adventure, Fantasy, Harem

Menceritakan tentang Suzuki Ichirou atau dikenal sebagai Satou, programmer berusia 29 tahun yang sangat sibuk bekerja hingga harus bekerja di akhir pekan dan menginap di kantor.

Saat beristirahat setelah memperbaiki bug dan mencoba game buatannya, Satou tiba-tiba masuk ke dalam dunia game dengan penampilan yang lebih muda seperti siswa SMA berusia 15 tahun.

Satou mengira dirinya sedang bermimpi. Tidak lama kemudian, ratusan Lizardmen menyerang sehingga Satou pun terpaksa menggunakan skill hujan meteor untuk mengalahkan mereka.

Setelah mengalahkan ratusan Lizardmen, Satou naik level menjadi level 310 dengan statistik mencapai tingkat maksimal, lalu memulai hidupnya di dunia game sebagai petualang tingkat atas.

13. Phantasy Star Online 2 The Animation

Phantasy Star Online 2 The Animation

  • Tahun: Winter 2016
  • Studio: Telecom Animation Film
  • Genre: Action, Game, Sci-Fi, School

Bercerita tentang Itsuki Tachibana, seorang siswa dari kelas 2-B di Akademi Seiga, yang awalnya tidak tertarik untuk bermain game Phantasy Star Online 2 (PSO 2).

Suatu hari, Itsuki mendapat pesan dari ketua OSIS yang juga merupakan siswi terpopuler di Akademi Seiga, Izumi Reina, untuk datang ke ruang OSIS setelah mengikuti kegiatan klub.

Reina meminta Itsuki ke ruang OSIS untuk dijadikan sebagai penganti wakil ketua OSIS yang pergi belajar ke luar ngeri, sebab nilai Itsuki cukup baik di semua mata pelajaran.

Sebagai wakil ketua OSIS, Itsuki mendapat tugas untuk membuat laporan terkait game PSO 2, sehingga Itsuki mulai mempelajari cara bermain game Phantasy Star Online 2.

14. Shichisei no Subaru

Shichisei no Subaru

  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Lerche
  • Genre: Action, Fantasy, Game, Sci-Fi

Mengisahkan tentang Subaru, party terkuat dalam game MMORPG Union yang dikenal karena kehebatan anggotanya. Akan tetapi, mereka hanyalah sekelompok anak SD.

Game Union menutup layanan dan semua anggota party Subaru pun berpisah setelah terjadi insiden yang menyebabkan seorang anggota party Subaru, Asahi, meninggal.

6 tahun kemudian, muncul game bernama Reunion yang bisa dimainkan dengan akun game Union, dan mantan pemimpin party Subaru, Haruto, juga memainkan Reunion.

Saat sedang bermain game Reunion untuk membantu temannya menyelesaikan Quest, Haruto bertemu kembali dengan Asahi yang seharusnya sudah meninggal 6 tahun lalu.

15. Infinite Dendrogram

Infinite Dendrogram

  • Tahun: Winter 2020
  • Studio: NAZ
  • Genre: Game, Fantasy

Pada tahun 2043, game VRMMO Infinite Dendrogram yang memiliki kemungkinan tak terbatas dirilis di seluruh dunia.

Tidak ada tujuan khusus dalam bermain Infinite Dendrogram, pemain bisa menjadi raja iblis, pahlawan, raja, atau budak.

Selain itu, pemain Infinite Dendrogram juga akan mendapat Embryo yang akan berubah mengikuti kepribadian pemain.

Cerita berpusat kepada seorang pemain bernama Reiji Mukudori bersama Embryo type maider-arms miliknya, Nemesis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *