Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome Di Semua Perangkat

Pengguna yang sering berselancar di internet pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya IP. Ini  merupakan salah satu informasi penting yang terkadang sangat dibutuhkan. IP ini berbeda-beda tergantung pada jenis layanan internet yang dipakai oleh pengguna. Dan berikut ini adalah cara mengetahui IP address WiFi Indihome untuk semua perangkat:

Apa Itu IP Address?

Internet Protocol (IP) adalah serangkaian angka unik yang mengidentifikasi alamat perangkat. Ini seperti alamat surat yang memungkinkan tukang pos tahu persis dimana harus menurunkan paket pengguna. Alamat IP adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik dan dinyatakan sebagai satu set empat angka. Setiap angka dalam set dapat berkisar dari 0 hingga 255.

Alamat IP dapat bersifat publik atau pribadi. Alamat IP publik diberikan kepada pengguna oleh Internet Service Provider (ISP), seperti  Indihome. Namun, alamat IP pribadi memungkinkan semua perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan pribadi. Untuk terhubung ke dunia luar, perangkat dengan alamat IP pribadi harus terhubung ke alamat IP publik, biasanya melalui modem.

Alamat IP dapat bersifat statis atau dinamis. Alamat IP statis tidak akan berubah seiring waktu, sementara alamat IP dinamis berubah. Dalam kebanyakan kasus, router akan mengambil alamat IP publik statis dari modem dan mengubahnya menjadi alamat IP pribadi dinamis. Ini memungkinkan pengguna untuk membeli perangkat baru dan menghubungkannya ke WiFi tanpa harus menetapkan alamat IP baru untuk setiap perangkat.

Cara Melihat IP Address

Seperti sudah dijelaskan dalam paragraf pertama, IP merupakan informasi yang sangat penting. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak serta mengetahui jenis perangkat yang digunakan. Dan berikut ini adalah cara mengetahui IP address WiFi Indihome yang bisa diikuti:

1. Menggunakan Website WhatIsMyIPAddress

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui IP Address adalah menggunakan website whatismyipaddress.com. Cara ini bisa dilakukan melalui browser ponsel dan juga komputer. Situs ini merupakan situs yang paling sering digunakan oleh pengguna internet untuk mengetahui IP. Layanan yang ditawarkan juga lumayan banyak.

Setelah website dibuka, pengguna akan dihadapkan pada halaman awal. Klik pada tab MY IP untuk mengetahui alamat IP. Website akan secara otomatis melacak alamat IP pengguna serta lokasinya. Pengguna juga bisa melihat jenis provider apa yang digunakan. Tak hanya itu, pengguna juga akan diberitahukan bagaimana cara menyembunyikan IP agar tidak bisa dilacak.

2. Melalui Pengaturan Jaringan Windows

Jika tidak ingin ribet, pengguna juga bisa melihat alamat IP melalui pengaturan jaringan Windows. Cukup buka pengaturan di komputer dan masuk ke tab Network & Internet. Pilih menu Status dan scroll hingga ke bawah. Klik tulisan view hardware and connection properties. Disini, pengguna bisa melihat semua informasi tentang jaringan termasuk IP dari WiFi Indihome.

3. Menggunakan CMD

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan CMD. CMD adalah tools yang disediakan oleh Windows untuk menyelesaikan berbagai masalah. Ini juga bisa digunakan untuk melihat alamat IP WiFi. Tekan tombol kombinasi  Windows+R lalu ketikkan CMD di kolom. Setelah terbuka, ketik perintah ipconfig dan tekan enter. Informasi mengenai IP akan langsung ditampilkan.

4. Lihat Di Router

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan melihat langsung di body router. Alamat IP biasanya dituliskan langsung di bagian belakang body router. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek IP pada buku panduan yang sudah diberikan.

Demikian tadi cara mengetahui IP address WiFi Indihome untuk semua perangkat yang bisa dicoba. Dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas, kini pengguna bisa dengan lebih mudah mengetahui alamat IP dari WiFi Indihome.

Pencarian Popular

alamat ip wifi yang bisa,https://loganime com/1744/cara-mengetahui-ip-address-wifi-indihome-di-semua-perangkat html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *