aplikasi untuk mengecilkan ukuran video

Wajib Dicoba! Inilah 6 Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran Video di Laptop

Perihal menciptakan video dengan kualitas baik dan ingin berbagi kepada teman, seringkali terhambat oleh ukuran yang terlalu besar. Kompres video sangatlah diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. Pada proses mengkompres video, tidak hanya melalui situs web saja tetapi juga banyak aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang telah digunakan oleh sebagian orang.

Aplikasi ini tentunya sangat membantu banyak YouTuber maupun para Instagrammer saat mengunggah videonya supaya proses pengunggahan menjadi lebih cepat. Berikut merupakan 6 daftar aplikasi kompres video yang bisa dicoba:

1. HandBrake

Aplikasi ini bisa digunakan oleh jenis PC Windows, Mac maupun Linux dan mampu mengkompres video tanpa merubah kualitas. Pengguna dapat mengubah kualitas video sesuai yang diinginkan, mengatur tipe encoder serta mengatur frame rate sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kelebihan lainnya yaitu, pengguna bisa memilih bagian-bagian video yang ingin dikompres berdasarkan judul. Handbrake ini mendukung mulai dari chapter markers sampai constant quality. Aplikasi ini menyediakan layanan gratis secara penuh dan tidak mewajibkan pengguna membeli akun premium.

2. Avidemux

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran video terbaik selanjutnya adalah Avidemux. Avidemux memiliki dukungan berbagai macam format video, mulai dari MP4 sampai DVD. Menariknya, aplikasi ini bisa secara otomatis mengkompres video.

Untuk itu, pengguna tidak perlu menunggu lama saat melakukannya. Cara penggunaannya pun mudah, pengguna tinggal memilih video yang akan dikompres. Setelah itu pilih opsi sesuai dengan yang dibutuhkan, seperti rate, codec dan lainnya.

3. Wondershare Video Converter

Selain untuk mengecilkan ukuran video pengguna, aplikasi ini juga bisa sekaligus digunakan untuk mengedit video. Maka tidak heran jika aplikasi ini menjadi aplikasi paling banyak digunakan oleh para YouTuber mulai dari pemula sampai yang ahlinya. Pengguna bisa mengubah format video menjadi VR, DVD serta format yang lainnya.

BACA JUGA KAWAN »  Ketahui Cara dan Penyebab Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi yang Mudah Diatasi

Cara penggunaannya pun terbilang mudah, pengguna hanya perlu dropdown video yang akan dikompres, lalu pilih jenis format yang ingin dihasilkan. Setelah menunggu beberapa detik, hasil kompres video akan terlihat. Selanjutnya pengguna bisa memilih ingin mengedit video atau langsung membagikan kepada media sosial yang lain.

4. Vidcoder

Bagi para editor video, termasuk para Youtuber aplikasi Vidcoder ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Vidcoder sangat tepat digunakan untuk pemula dalam mengompres video dan mengubah formatnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Meskipun tersedia dalam berbagai macam format, namun video yang dihasilkan oleh Vidcoder ini tetap berkualitas baik dan tidak mengurangi kualitas gambar sedikitpun.

5. Format Factory

Tidak hanya digunakan untuk mengecilkan ukuran video, Format Factory pun bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar maupun audio. Banyak pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna di aplikasi ini.

Mulai dari pengaturan resolusi, ukuran layar serta yang lainnya. Kelebihan yang lain yaitu aplikasi ini memudahkan pengguna untuk membagikan hasil video ke teman – temannya baik melalui Whatsapp ataupun media sosial lainnya.

6. Advanced Video Compressor

Aplikasi ini juga merupakan salah satu kompres video yang paling baik dan cukup populer di kalangan editor video. Perihal menggunakannya, pengguna bisa memakainya secara gratis dengan penuh. Format video yang disediakan pun cukup banyak, seperti AVI, MP4, FLV dan yang lainnya. Pengguna pun bisa mengatur ukuran layar serta kualitas video sesuai dengan kebutuhannya.

Kompres video tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan editing video. Namun, dengan aplikasi untuk mengecilkan ukuran video di atas, pengguna tidak perlu susah payah dalam mengubah ukuran video. Semoga berhasil!

BACA JUGA KAWAN »  Ini 5 Aplikasi Untuk Merekam Layar HP Berkulitas Bagus

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *