cara mengatasi komputer lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Menggantinya

Penggunaan komputer lemot membuat pekerjaan terhambat dan tak kunjung selesai. Selain itu pengguna akan merasa kesal ketika komputer yang digunakan nya menjadi lemot dalam waktu yang cukup lama. Akibat kondisi ini membuat pengguna mencari cara mengatasi komputer lemot tanpa menggantinya yang harus merobek kantong.

Zaman telah semakin canggih dan juga kerusakan pada komputer dapat diatasi dengan sendiri tanpa harus membawanya ke tukang servis. Sebelum itu banyak penyebab dari kelemotan yang muncul pada komputer. Ketika komputer mengalami kelemotan maka pengguna dapat mengatasinya dengan cara di bawah. Langsung saja cara mengatasi komputer lemot tanpa menggantinya, berikut ini:

1. Batasi Penggunaan Aplikasi

Komputer dapat menampung banyak aplikasi yang bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan seseorang. Pada saat itu juga pengguna membuka berbagai aplikasi sehingga komputer menjadi lemot. Jika hal ini terjadi berarti pengguna dapat menutup aplikasi tersebut sehingga kedepannya melakukan pembatasan penggunaan aplikasi pada komputer.

Aplikasi yang terus dibuka namun tidak digunakan akan memperlambat kinerja komputer ketika digunakan pengguna. Pastikan menggunakan aplikasi yang tidak berat jika ingin membuka berbagai aplikasi lainnya.

2. Perbarui Sistem Komputer

Sistem komputer memiliki peran penting ketika pengguna menggunakan untuk menjalankan tugas atau pekerjaannya. Setiap beberapa bulan sekali sistem operasi komputer akan memiliki pembaruan atau upgrade. Adanya hal ini pengguna harus melakukan pembaruan terhadap sistem komputer agar berjalan dengan lancar.

Cara ini sangat ampuh ketika komputer lemot secara tiba-tiba dengan kondisi lainnya  sangat baik. Pastikan juga pengguna melakukan upgrade tersebut ketika ada informasi pembaruan sistem operasi komputer.

3. Bersihkan Virus

Sangat memungkinkan sebuah komputer yang digunakan akan terkena virus ketika pengguna menyelesaikan pekerjaannya. Adanya virus ini membuat komputer menjadi lemot dan terganggu ketika digunakan. Jika komputer terkena virus maka pengguna harus cepat-cepat membersihkan virus tersebut agar komputer tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

BACA JUGA KAWAN »  Solusi Mengatasi Sinyal Wifi Iphone Lemah

Virus pada komputer dapat tumbuh  dengan cepat dan menyebarkan ke berbagai perangkat yang tersambung pada komputer tersebut. Maka dari itu pengguna dapat membersihkan virus tersebut dan lihat hasilnya yang membuat komputer menjadi lancar kembali.

4. Atur Grafis dan Animasi

Saat ini banyak komputer yang hadir dengan tampilan terbaru yaitu memiliki grafis dan animasi untuk penampilan yang lebih menarik. Grafis dan animasi tersebut dapat dinonaktifkan sehingga komputer tidak mengalami kelambatan saat digunakan. Cara ini sangat ampuh karena na adanya animasi dan grafis tersebut cukup memakan performa komputer saat digunakan.

Untuk menonaktifkan grafis dan animasi tersebut dapat mengunjungi control panel pada komputer. Pengguna juga dapat mengubah animasi dan grafis dalam bentuk ringan sehingga mengurangi kelembaban pada komputer.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selanjutnya ada cara mengatasi komputer lemot tanpa menggantinya yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Ketika komputer tersebut dibeli maka ada berbagai aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan oleh pengguna dan dapat dihapus. Bahkan ada aplikasi yang pengguna download namun sebenarnya tidak terlalu penting dan jarang dibuka membuat memori komputer penuh.

Sudah tidak asing lagi Ketika suatu perangkat lemot akibat memori yang penuh dan pengguna harus menghapusnya. Jika aplikasi yang terlalu banyak pada komputer dan tidak digunakan hanya memakan ruang memori penyimpanan dapat dihapus atau uninstall.

Itulah cara mengatasi komputer lemot tanpa menggantinya atau membeli baru. Komputer yang sering digunakan karena menyimpan berbagai pekerjaan sangat wajar mengalami kelambatan. Setelah komputer tersebut dimatikan maka dapat berjalan lancar seperti biasanya. Hal ini menandakan bahwa komputer juga membutuhkan istirahat dan perawatan lebih agar terus lancar.

BACA JUGA KAWAN »  Hardisk External Tidak Terbaca? Beginilah Solusinya

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *