Simak! Ternyata Ini 5 Penyebab Keyboard Laptop Error

Simak! Ternyata Ini 5 Penyebab Keyboard Laptop Error

Pada masa pandemi, laptop sudah menjadi kebutuhan primer. Karena kebijakan yang membuat perusahaan harus memberlakukan WFH (work from home) kepada karyawannya. Sayangnya terkadang keyboard mengalami masalah. Seperti keyboard laptop yang error. Ada hal-hal yang menjadi penyebab keyboard laptop error yang akan dibagikan pada artikel ini. Yuk simak!

1. Baterai Laptop Panas Berlebihan

Kerusakan pada keyboard laptop dikarenakan baterai laptop dalam kondisi panas yang berlebih. Panas pada baterai ini bisa membuat komponen-komponen di laptop menjadi cepat rusak. Salah satunya yaitu komponen pada keyboard. Maka dari itu, saat kondisi baterai sudah terlalu panas, lebih baik laptop dimatikan supaya panas pada baterai tidak menjalar ke komponen laptop.

2. Kesalahan Pada Cara Mengetik

Kesalahan umum yang bisa membuat keyboard menjadi cepat rusak yaitu perilaku mengetik yang salah. Kebiasaan umum yang biasa dilakukan yaitu terlalu banyak mengetik pada tombol yang sama di keyboard. Hal ini biasanya membuat tombol yang biasa ditekan itu menjadi keras pada saat di tombol.

Selain itu, tombol yang ditekan terlalu keras juga bisa membuat tombol pada keyboard itu mengalami error. Hal ini dikarenakan, tombol pada keyboard telah menyatu pada komponen yang ada di bawah tombol tersebut. Sehingga membuat tombol keyboard menjadi keras dan error.

3. Kemasukan Debu dan Sisa Makanan

Debu dan kotoran yang masuk ke keyboard laptop bisa menjadi penyebab keyboard laptop error  Debu bisa masuk karena kondisi ruangan atau tempat yang biasa untuk mengetik dalam kondisi kotor. Sehingga, membuat debu itu masuk kedalam keyboard dan bisa merusak komponen yang ada didalamnya.

Selain itu, banyaknya kotoran yang masuk ke keyboard seperti sisa makanan yang tercecer atau ada tumpahan minuman juga bisa merusak keyboard. Maka dari itu, perawatan pada keyboard harus sering dilakukan. Bisa menggunakan alat vacuum cleaner kecil khusus laptop supaya mudah menyerap debu dan kotoran yang sudah masuk ke keyboard.

4. Terkena Serangan Virus

Virus komputer yang menyerang ke sistem komputer juga bisa mengakibatkan keyboard menjadi error. Gejala bahwa laptop sudah terkena virus yaitu keyboard mengetik secara acak dengan sendirinya tanpa ada yang menekannya. Serangan virus ini bisa masuk pada saat pengguna mengakses website yang ilegal atau tidak jelas. Untuk menghilangkan virusnya, bisa dengan melakukan scan antivirus.

5. Kerusakan Software

Kerusakan keyboard juga bisa disebabkan adanya software yang rusak. Software bisa error jika pengguna sering melakukan kesalahan pada saat menekan tombol kombinasi pada keyboard. Tombol kombinasi itu seperti Ctrl + B untuk membuat tulisan menjadi Bold. Jika perintah kombinasi yang dimasukkan dilakukan secara cepat dan asal-asalan.

Maka, sistem komputer sulit mendeteksi perintah. Akhirnya membuat laptop menjadi not responding. Software yang rusak juga bisa disebabkan adanya versi dari driver komputer yang sudah kadaluarsa. Hal ini mengakibatkan keyboard laptop tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan. Cara untuk memperbaikinya, bisa dengan melakukan pembaruan software keyboard.

Kerusakan pada laptop juga bisa disebabkan karena kabel konektor pada keyboard tidak terpasang dengan benar pada sistem cpu laptop. Hal ini terjadi karena laptop tertindih dengan barang yang melebihi kapasitasnya. Untuk memperbaikinya, perlu membongkar bagian motherboard dan menyambungkan kabel konektornya.

Itulah 5 penyebab keyboard laptop error yang bisa membuat pengguna mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas pengetikan. Perawatan dan pemeliharaan keyboard secara berkala memang harus dilakukan. Perawatan keyboard pada laptop terbilang mudah. Namun kalau sudah rusak, tentu akan sangat menyulitkan bagi para pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *