Cara Memindahkan Chat WA Android ke iPhone dengan Berbagai Langkah

WhatsApp adalah aplikasi yang sudah umum digunakan oleh banyak orang. Berbagai jenis ponsel seperti Android dan iPhone juga bisa menggunakan aplikasi ini. Namun, jika ingin berpindah ponsel, maka data yang ada dalam WA tidak bisa berpindah otomatis. Ada beberapa cara memindahkan chat WA Android ke iPhone yang bisa dilakukan.

Pemindahan ini harus dilakukan secara manual. Karena dokumen di WA Android tidak bisa dibuka di iPhone meskipun sudah login dengan akun yang sama. Maka dari itu, pemindahan secara manual tetap harus dilakukan setelah mengganti HP dari Android ke iPhone. Berikut beberapa caranya:

Gunakan Fitur WhatsApp Backup

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan fitur backup yang tersedia di semua setelan WA. Caranya cukup mudah dan sangat sederhana. Jadi, bisa dilakukan oleh semua orang tanpa harus memiliki keahlian khusus. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Backup data terlebih dahulu dengan klik menu dengan simbol titik tiga di WA.
  • Masuk menu “Setelan”.
  • Kemudian pilih menu “Chat”.
  • Lihat bagian bawah dan pilih “Cadangan Chat”
  • Pada menu ini, pilih akun Google yang ingin digunakan untuk mem-backup chat.
  • Klik “Cadangkan” untuk melanjutkan dan tunggu hingga proses selesai.
  • Masuk ke aplikasi WhatsApp di iPhone menggunakan akun yang sama.
  • Saat ada pilihan restore WA, maka klik “Ok”.
  • Tunggu hingga selesai, dan semua chat sudah berpindah ke iPhone

Memindahkan Chat dengan Email

Cara ini cocok bagi yang ingin memindahkan chat secara cepat. Namun ada beberapa kelemahan, yaitu tidak bisa memindahkan chat secara bersamaan atau sekaligus. Harus dilakukan satu per satu. Maka dari itu, cara ini ditujukan bagi yang ingin memindahkan satu atau dua chat penting dengan waktu yang singkat. Berikut caranya:

  • Buka WhatsApp dan buka menu “Pengaturan”.
  • Klik “Pengaturan Obrolan” lalu klik “Obrolan Email” untuk melanjutkan.
  • Pilih chat yang ingin dipindahkan.
  • Pilih email yang ingin dipakai untuk proses pemindahan dan klik “Kirim”.
  • Buka email di iPhone dan temukan kiriman chat dari Android tadi.
  • Selesai, chat sudah bisa dilihat di iPhone.

Gunakan Aplikasi Tambahan Dr.Fone

Cara memindahkan chat WA Android ke iPhone juga bisa menggunakan aplikasi lain. Daripada cara pertama tadi, cara lebih baik dan bisa digunakan dengan sangat cepat. Peralatan yang perlu disiapkan adalah komputer, aplikasi Dr.Fone, HP Android, dan HP iPhone. Ikuti panduan berikut ini untuk memindahkannya:

1. Unduh dan Pasang Dr.Fone di Komputer

Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Dr.Fone dan lakukan pemasangan di perangkat komputer. Tunggu proses pemasangan hingga selesai, dan buka aplikasinya. Pada menu pertama akan ada beberapa pilihan yang berhubungan dengan pemindahan data. Pilih saja “Transfer WhatsApp”, kemudian klik “WhatsApp”, dan yang terakhir masuk menu “Transfer Pesan WhatsApp”.

2. Hubungkan HP dengan Kabel Data

Setelah masuk menu tersebut, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menghubungkan HP Android tadi dengan HP iPhone. Caranya dengan menghubungkan kedua jenis HP tersebut ke komputer menggunakan kabel data. Tunggu proses selesai dan kedua HP tersebut terdeteksi oleh aplikasi Dr.Fone.

3. Klik “Transfer” dan Selesaikan

Jika kedua HP tersebut sudah saling terhubung, maka langkah terakhir adalah dengan klik “Transfer”. Saat selesai, maka chat yang ada di Android sudah berpindah ke iPhone Langkah ini tidak memerlukan waktu yang lama. Jadi, bisa dikatakan jika aplikasi Dr.Fone akan sangat membantu dalam pemindahan yang mudah dan cepat.

Itulah berbagai cara memindahkan chat WA Android ke iPhone dengan langkah singkat. Cara-cara tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jika ingin memindahkan satu atau dua chat saja, bisa gunakan email. Namun, jika ingin memindahkan semua chat maka bisa gunakan cara pertama atau cara ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *